Wedding Tips

Cara Bernegosiasi dengan Vendor Pernikahan

Weddingavenuemagazine.com – Memilih vendor pernikahan adalah tugas krusial di dalam perencanaan pernikahan. Tapi dengan memilih vendor yang tepat Anda bisa sedikit tenang menjalankan proses persiapan untuk mewujudkan pernikahan impian. Jika Anda sudah menemukan vendor yang potensial, maka inilah saatnya bernegoisasi. Untuk mendapatkan harga terbaik dari vendor pernikahan, berikut beberapa peraturan yang harus diingat ketika bernegoisasi dengan vendor pernikahan.

Riset, riset, riset

Tidak ada satu pun vendor yang serupa. Sebelum Anda mulai bernegoisasi dengan vendor, Anda harus mengetahui terlebih dahulu tema atau gaya vendor seperti apa yang sesuai dengan gaya Anda. Jika merencanakan pernikahan bergaya rustic, pastikan Anda menyewa jasa makeup artist yang terbiasa merias dengan gaya flawless dan lebih natural, daripada yang bergaya glamor.

Punya budget

Tak perlu berkelit ketika harus membicarakan budget dan anggaran biaya pernikahan. Faktanya, memberikan estimasi budget secara spesifik akan menolong vendor pernikahan untuk menawarkan paket dan jasa yang sesuai dengan kantong Anda. Jika Anda tidak menentukan budget sebelumnya, vendor cenderung akan menawarkan paket paling mahal yang mereka miliki.

Saling respek

Seperti hubungan baik lainnya, hubungan Anda dengan vendor harus selalu dibalut dengan sikap saling menghargai. Jangan langsung meminta diskon tanpa memeriksa pengalaman dan reputasi vendor yang potensial. Anda harus selalu mengevaluasi kualitas yang Anda dapatkan, memutuskan apakah hal tersebut sesuai dengan harga yang diberikan dan bernegoisasi secara wajar.

Minta tambahan

Jika Anda terus mencoba dan tidak bisa mendapatkan harga yang lebih murah, coba meminta vendor potensial untuk menambahkan kuantitas atau jenis dari jasa atau produk yang ditawarkan. Anda bisa meminta tambahan cetakan kartu undangan atau meminta tambahan variasi dessert pada penyedia jasa katering. Untuk vendor fotografi, Anda bisa berkompromi dengan meminta tambahan jumlah frame foto yang akan diambil jika ia tidak bisa memberikan potongan harga lebih jauh.

Jujur

Anda mungkin tergoda mengelabui vendor dengan memberi tahu harga yang lebih rendah di vendor lainnya untuk bisa menawar, tapi ini bukanlah cara yang pintar dan etis karena industri pernikahan tidaklah begitu besar. Beberapa vendor saling mengenal satu sama lain dan sangat mudah bagi mereka untuk mengetahui apakah Anda sedang berbohong atau tidak.

Selamat menyiapkan pesta pernikahan Anda dan semoga lancar tanpa hambatan apa pun.

sumber: www.vemale.com