Usia Ideal Pernikahan

majalah wedding semarang
[blockquote style=”3″]Secara psikologis, orang yang menikah pada usia ideal pernikahan cenderung lebih bahagia dan lebih harmonis daripada pasangan yang menikah dini.[/blockquote]

Jumlah perempuan Indonesia yang menikah pada rentang usia 25-29 tahun dan 19-24 tahun, meningkat. Bahkan, pada saat ini, sekitar 10 persen perempuan Indonesia menikah pada rentang usia 15-18 tahun.

Kepala Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Sonny Harry Budiutomo Harmadi, mengatakan, kondisi berbeda terjadi pada laki-laki. Persentase pemuda yang menikah pada usia 15-19 tahun hanya berkisar 1,4 persen.

Statistik, rata-rata usia pernikahan ideal adalah 25 tahun untuk wanita dan 27 tahun untuk pria. Usia ideal pernikahan tersebut mengurangi kemungkinan terjadinya perceraian pada pasangan menikah. Secara psikologis, usia 25 tahun untuk wanita dan 27 tahun untuk pria sudah terbilang lebih stabil dalam menyikapi banyak hal, dan ini berpengaruh dalam perkawinan.

Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mewanti-wanti agar tidak menikah di usia muda. Usia muda artinya, usia yang belum matang secara medis dan psikologinya. Usia menikah ideal untuk perempuan adalah 20-35 tahun dan 25-40 tahun untuk pria.

“Perlu dipertimbangkan medis dan psikologisnya. Untuk perempuan, idealnya menikah di usia 20-35 tahun. Sedangkan untuk laki-laki beda 5 tahun yakni 25-40 tahun,” ujar Kepala BKKBN Sugiri Syarif.

Sependapat dengan BKKN, Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) mengusulkan kenaikan batas usia ideal pernikahan bagi perempuan dari 16 tahun menjadi 18 tahun mendapat dukungan dari banyak pihak, termasuk Partai Kebangkitan Bangsa.

Usulan tersebut, menurut Wakil Sekjen DPP PKB Luluk Nur Hamidah, sangat tepat dan sesuai dengan aspirasi kaum perempuan. “Kami apresiasi keberanian NU untuk dorong kenaikan usia minimal pernikahan,” ujarnya.

Pernikahan bukanlah sesuatu yang Anda bisa bermain-main dengannya. Ini adalah masalah serius yang harus dihadapi bersama. Menikah juga memerlukan kondisi Anda stabil secara emosional, dan finansial.

Penentuan usia ideal untuk menikah ini sangat berdampak bagi pasangan yang melangsungkan pernikahan.

Dari segi kesehatan, keluarga yang melangsungkan pernikahan pada usia ideal tentu tidak akan mengalami kendala berarti saat sedang hamil atau melahirkan, dan bisa dipastikan keturunan yang dihasilkan akan sangat berkualitas. Keadaan berbeda akan dialami oleh pasangan yang menikah dini, seperti masalah keguguran, anak terlahir cacat, atau ibu dan anak meninggal saat proses melahirkan. Tak kalah penting dalam keharmonisan rumah tangga, hamil di usia muda dapat membuat bentuk tubuh si ibu berubah drastic. Bagi sebagian orang, hal ini bisa sangat mengganggu, terutama dari segi kepercayaan diri.

Dari segi sosial, pasangan dengan usia nikah ideal lebih mudah menghadapi permasalahan rumah tangga. Kematangan berpikir dan kemampuan bersosialisasi yang cukup adalah faktor yang mendukung keharmonisan rumah tangga.

Pasangan muda dan pasangan tua sama-sama bisa memiliki pernikahan yang sukses dan bahagia. Namun, rata-rata, pasangan yang menikah di bawah usia 25 secara signifikan lebih mungkin untuk bercerai daripada rekan-rekan mereka yang lebih tua. Bagi pasangan dengan usia pernikahan dini, konflik karena perbedaan persepsi akan sangat rentan bagi mereka. Secara psikologis, orang yang menikah pada usia ideal pernikahan cenderung lebih bahagia dan lebih harmonis daripada pasangan yang menikah dini.

Secara ekonomi, orang yang menikah pada usia ideal cenderung telah memiliki penghasilan yang mapan dan mampu untuk mencukupi kebutuhan keluarganya, tanpa tergantung kepada orangtua. Berjuang secara finansial bisa menimbulkan stres, untuk Anda dan hubungan Anda.

Cinta tak cukup berakhir pada jenjang pernikahan. Tetapi, dengannya Anda harus berbagi visi tentang masa depan. Kemiripan minat, kemampuan komunikasi serta kemampuan pengelolaan keuangan yang baik bisa membantu Anda menjalani masa indah dalam pernikahan hingga hanya maut yang memisahkan.

sumber : www.wowheboh.org