Berapa Lama Sebenarnya Tidur Malam yang Ideal?

tidur malam ideal | majalah wedding

Banyak ahli menyarankan tidur minimal delapan jam sehari. Itu berarti, tidur mengambil sepertiga dari hidup kita. Dan kita mulai bertanya-tanya mengapa begitu banyak, dan berapa banyak sebenarnya tidur yang benar-benar kita butuhkan?

Ternyata, jawabannya tak terlalu memuaskan karena tidak ada satu patokan yang tepat yang berlaku umum untuk semua orang. Karena banyaknya tidur yang dibutuhkan benar-benar bervariasi dari orang ke orang.

Anda bisa saja menjadi salah satu dari orang-orang yang sangat jarang mendapatkan benar-benar tidur beberapa jam, atau malah berada di ujung spektrum, apa yang dokter sebut sebagai “tidur panjang, yang mungkin membutuhkan 11 jam semalam.

Penelitian juga menyebut jumlah tidur yang dibutuhkan seseorang berubah seiring dengan bertambahnya usia. Angka tujuh sampai sembilan jam yang direkomendasikan adalah standar untuk orang dewasa. Tapi anak-anak membutuhkan tidur lebih banyak, sementara mereka yang sudah berusia lanjut hanya butuh beberapa jam saja. Bahkan kadang kurang dari empat jam.

Selain perubahan lama tidur, chronotype alami atau jam tubuh, yang menentukan kapan paling nyaman tidur dan terjaga juga berubah seiring bertambahnya usia. Pada anak-anak secara alami cenderung lebih berorientasi pagi. Memasuki masa pubertas, orang cenderung bergeser ke chronotype malam burung hantu. Setelah memasuki usia 20 tahun, akan bergeser kembali ke chronotype sebelumnya.

Untuk mengetahui berapa jam sebenarnya tubuh Anda membutuhkan tidur, para ahli menyarankan untuk mencari tahu dengan membiarkan diri Anda tidur secara alami selama beberapa hari hingga seminggu. Tidurlah ketika Anda merasa lelah dan bangun secara alami. Selama proses ini batasi konsumsi alkohol dan kafein, dapatkan sinar matahari siang hari, dan lakukan olahraga ringan. Dengan cara ini Anda akan menemukan jawaban tentang kebutuhan tidur yang sesuai.

sumber: businessinsider.co.id

FOLLOW OUR INSTAGRAM

[posttoinstagram username="majalah_wedding.avenue" lang="en" show_heading="true" scroll="true" width="auto" height="450px" image_size="medium" bg_color="#285989" content_bg_color="#f8f8f8" font_color="#ffffff" cache_media_time="0"]