Persiapan Yang Sebenarnya Sebelum Menikah

semarang wedding

Semua orang menikah dan hidup bahagia dengan anak-anaknya. Tapi urusan menikah tidak segampang itu. Ada segudang alasan, pertimbangan, dan persiapan sebelum menikah. Bayangkan saja anda membaca dengan mata tertutup. Pasti akan sangat sulit atau bahkan hampir tidak mungkin. Selain persiapan material dan fisik, persiapan batin juga harus dilakukan. Seperti dijelaskan dalam islamicity.com, persiapan batin tersebut antara lain:

1. Introspeksi diri
Kebahagiaan rumah tangga mutlak Anda lah yang menentukan. Mulai lah bertanya pada diri Anda. Apakah saya siap? Apakah kelemahan saya? Apakah kekuatan saya? Mengetahui kualitas diri sangat penting. Karena tidak mungkin Anda pergi ke medan perang tanpa memahami kekuatan Anda sendiri dan lawan Anda.
2. Temukan kecocokan
Yakinkan diri Anda bahwa pasangan Anda adalah orang paling cocok. Bisakah pasangan Anda membawa Anda menuju keluarga yang baik? Akankah Anda berubah jika pasangan Anda berubah? Ketidakcocokan akan menimbulkan potensi konflik yang besar karena Anda tidak mempertimbangkan ini sejak awal. Pasangan yang baik adalah pasangan yang dapat mengerti prinsip dan keyakinan Anda.
3. Komunikasi
Sudahkah Anda memiliki ikatan yang kuat dengan pasangan Anda? Kalau belum, cobalah untuk memperkuatnya. Komunikasi adalah hal penting saat sebelum dan sesudah menikah. Bagaimana Anda bisa menyampaikan perasaan kalau Anda sendiri canggung untuk berbicara pada pasangan?

Jika Anda melakukan 3 hal diatas, potensi konflik akan berkurang dan rumah tangga yang bahagia bukan tidak mungkin untuk terwujud.

Oleh: Muhammad Faris
(vem/tyn) www.vemale.com