Inspirasi

Persiapan Menikah dengan Pria Bali

persiapan menikah di bali

Bila anda akan menikah dengan pria Bali, ketahui dulu adat mereka. Persiapan menikah dengan pria Bali mungkin akan sedikit mengejutkan bagi ladies, karena peraturan menikah mereka yang tidak sama seperti kebanyakan persiapan menikah yang biasa kita ketahui.Berikut ini adalah pengetahuan tentang persiapan menikah dengan pria Bali.

Menurut laman zipoer7.wordpress.com, perkawinan bagi masyarakat Bali menjadi bagian dalam sebuah persembahan suci kepada Tuhan. Budaya Bali juga mengenal jenis perkawinan ngerorod / merangkat / ngelayas yang merupakan cerminan kebebasan wanita Bali untuk memilih dan menentukan jodohnya.

Masyarakat Bali juga memberlakukan sistem patriarki, karena dalam pelaksanan upacara perkawinan semua biaya yang dikeluarkan untuk hajatan tersebut menjadi tanggung jawab pihak keluarga laki – laki.
Bagaimana ladies, sudah kelihatan bedanya kan? Dimana biasanya resepsi pernikahan diatur oleh sang pihak mempelai wanit, tetapi untuk masyarakat Bali, pihak mempelai laki-laki beserta keluarganyalah yang mengurus segala urusan resepsi serta persiapannya.

Seperti yang dilangsir wayahan.blogspot.com, setelah orang tua sang mempelai lelaki (purusa) menerima pemberitahuan bahwa ia akan menikahi seorang wanita dan orang tua sang lelaki menyetujui, maka orang tua sang lelaki atau orang yang ditunjuk dapat menanyakan hari baik (dewasa ayu) kepada orang yang memahami hari-hari baik (padewasan).

Selanjutnya orang tua pihak pria/orang yang ditunjuk mendatangi rumah orang tua pihak wanita. Maksud kedatangannya adalah akan meminang anak wanita pihak keluarga wanita untuk dinikahkan dengan anak lelaki dari keluarga pihak lelaki.

Proses selanjutnya adalah pernikahan itu sendiri, tahap-tahapnya ada banyak, diantaranya; Upacara Ngekeb, Mungkah Lawang (buka pintu), Upacara Mesegehagung, Madengen-dengen, Mewidi Widana, Mejauan Ngabe Tipat Bantal.
Nah, sudah siapkah anda menikahi pria Bali?

Oleh Dhevy NW / vemale.com

Tags