Kesehatan

Pernikahan Tidak Bahagia Berpengaruh Buruk Pada Kesehatan

Pernikahan adalah jalan panjang ketika dua manusia saling menyatukan visi misi dan hidup bersama. Tak mudah melalui masa pernikahan, bahkan pernikahan yang sudah berusia lama tetap berpotensi membuat salah satu atau kedua pisah merasa tak bahagia. Efeknya ternyata sangat besar, karena pernikahan yang buruk bisa merusak kesehatan.

Sebuah penelitian yang dilakukan peneliti di Michigan State University menemukan bahwa orang-orang yang tidak bahagia dengan pernikahannya memiliki resiko tinggi mengalami berbagai gangguan kesehatan mematikan. Beberapa penyakit yang bisa diderita orang yang tidak bahagia pernikahannya adalah sakit jantung di usia muda dan gangguan kekebalan tubuh, seperti dilansir oleh newsmaxhealth.com

Wanita Lebih Rentan Mengalami Gangguan Kesehatan Akibat Pernikahan

Para peneliti menemukan bahwa gangguan ini lebih mungkin menyerang wanita ketimbang pria. Gangguan kesehatan yang buruk seperti sakit jantung disebabkan karena wanita cenderung menahan dan menekan perasaan kecewa, sedih dan marah yang sering ada dalam pernikahan. Wanita juga cenderung lebih mudah mengalami depresi, termasuk gangguan tekanan darah.

Karena itulah, tim penelitian yang dipimpin oleh Hui Lui menyarankan agar para wanita melakukan konseling pernikahan jika dirasa pernikahannya sangat berat dan ada masalah di dalamnya. Konseling tersebut akan membantu wanita menemukan jalan keluar dan tidak selalu berakhir perceraian. Konseling ini penting bagi mereka yang akan menikah hingga pasangan usia 40-50 tahun yang telah menikah.

Maka jika usia Anda saat ini masih muda dan akan menikah, pikirkan baik-baik mengenai hal ini. Selalu ada masalah di dalam pernikahan, dan kadang diam atau memendam masalah seorang diri bukan jalan terbaik, karena efeknya akan langsung menyerang tubuh Anda. Biasakan berkomunikasi, apalagi jika Anda akan hidup selamanya dengan orang yang Anda cintai.

sumber: vemale.com

Tags