Kesehatan

5 Hal yang Belum Anda Tahu Tentang Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis

Weddingavenuemagazine.com – Multiple Sclerosis (MS) adalah penyakit autoimun yang menyerang sistem saraf pusat, terutama otak, saraf tulang belakang, dan saraf mata. Ini adalah penyakit jangka panjang yang memiliki ciri gangguan keseimbangan, penglihatan, kendali dan penyesuaian otot.

MS bisa menjadi penyakit yang membingungkan dan misterius. Gejalanya sering timbul tenggelam dan kerap sulit didiagnosa. Untuk lebih memahami gangguan yang satu ini, simak lima fakta mengenai MS berikut ini.

Tidak ada yang tahu apa penyebabnya.

Multiple sclerosis menyerang lapisan pelindung saraf di otak dan sumsum tulang belakang dan berakhir di mata dan anggota tubuh lainnya. Tidak ada penyebab pasti yang sudah diketahui saat ini, tapi genetika pasti berperan. Jika salah satu orang tua Anda memiliki MS maka risiko.Nada naik sebesar tiga sampai empat persen. Dan jika Anda memiliki kembar identik risiko naik 30%.

MS lebih banyak menyerang di usia produktif

MS adalah penyebab utama kecacatan neurologis pada orang muda. “Rata-rata usia penderitanya adalah 25 sampai 30, jadi kami menduga ada hubungan antara puncak kesuburan, hormon, dan sistem kekebalan tubuh,” kata Tanuja Chitnis, MD, seorang profesor neurologi di Harvard Medical School. Wanita dua kali lebih berisiko dibanding pria tapi jika pria sampai menderita MS, akan jauh lebih parah dari wanita.

Gejalanya sangat luas

Gejala MS berbeda di setiap orang. Pada beberapa orang, MS dapat merusak saraf optik dan menyebabkan serentetan penglihatan ganda. Ada juga banyak variasi dalam keparahan gejala. Beberapa pasien mungkin mengalami serangan MS, diobati, dan kemudian menjadi baik-baik saja (setidaknya untuk sementara waktu). Sementara pada orang lain MS bisa memburuk dengan lebih cepat.

Bukan penyakit fatal.

MS tidak mungkin membunuh Anda. Kebanyakan pasien memiliki harapan hidup yang normal dan akhirnya meninggal karena sesuatu yang sama sekali tidak berhubungan dengan MS. Tapi karena MS bisa mengganggu fungsi tubuh, pada gilirannya dapat menyebabkan depresi dan menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Gejala cenderung menghilang dan muncul kembali bertahun-tahun kemudian.

Ada empat jenis multiple sclerosis, 85 persennya timbul-tenggelam. “Beberapa pasien datang dan mereka bertanya-tanya, ‘Bagaimana saya bisa sangat sehat dan seperti tiba-tiba MS saya kambuh lagi?’ “cerita Farrah Mateen, MD, asisten profesor neurologi di Rumah Sakit Umum Massachusetts. Hal ini juga yang membuat MS sulit untuk didiagnosa.

Penyakit ini cenderung memburuk dengan usia, karena saat usia bertambah sistem saraf semakin tidak dapat memperbaiki dirinya sendiri juga. Banyak orang menderita gejala MS kambuhan tetapi kemudian gejala makin memburuk dengan cepat 10 sampai 20 tahun kemudian.

sumber: meetdoctor , vemale.com