Kiat Mencuci Batik Agar Tetap Awet

kiat mencuci batik

Fashion batik telah lama mendarah-daging di Indonesia. Dengan mudah kita dapat menemukan orang berbaju batik di mana saja. Namun, keindahannya bisa hilang dalam waktu yang tidak lama jika Anda salah merawat dan mencucinya. Mencuci batik tidak boleh sembarangan agar corak dan warnanya tak mudah pudar. Untuk itu, simak tips untuk mencuci batik berikut ini.

Cuci dengan tangan

Jangan gunakan mesin cuci untuk mencuci kain atau baju batik karena putaran mesin cuci yang terlalu keras akan membuat coraknya cepat pudar dan luntur.

Gunakan sampo

Campurkan 10 ml sampo dengan 10 L air, rendam batik dalam larutan. Anda juga dapat menggunakan detergent yang didesain khusus untuk batik, tetapi sebaiknya hindari penggunaan detergen biasa.

Air hangat

Jika batik terkena kotoran yang cukup membandel, coba cuci dengan air hangat dan sabun. Jika noda masih belum mau hilang, Anda dapat mencoba menggunakan kulit jeruk pada bagian yang terkena noda.

Cara menjemur

Setelah dicuci, peras batik tanpa menggunakan pengering, lalu jemur di tempat yang tidak terkena terik matahari. Tarik perlahan bagian ujungnya agar seratnya kembali lurus dan normal.

FOLLOW OUR INSTAGRAM

[posttoinstagram username="majalah_wedding.avenue" lang="en" show_heading="true" scroll="true" width="auto" height="450px" image_size="medium" bg_color="#285989" content_bg_color="#f8f8f8" font_color="#ffffff" cache_media_time="0"]