Manfaat Kopi untuk Merangsang Pertumbuhan Rambut

Tahun ini, sebuah penelitian dari The International Journal of Dematology telah menemukan bahwa kafein yang terkandung dalam kopi mampu menstimulasi pertumbuhan rambut manusia. Kafein bekerja dengan menghambat produksi DHT (Dihidrotestosteron) yang menyebabkan malnutrisi pada rambut sehingga menyebabkan penipisan pada rambut. Sebelumnya, penelitian yang serupa pernah dilakukan pada 2007 lalu yang menunjukkan hasil bahwa kafein mampu merangsang pertumbuhan rambut dan membuatnya lebih panjang sekitar 33-40%.

Dari hasil penelitian yang diketuai oleh Dr. Tobias Fischer ini didapatkan bahwa folikel rambut yang dirawat dengan kafein menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dalam waktu 24 jam dan masih menunjukkan pertumbuhan dengan hasil yang signifikan shingga 8 waktu ke depan.

Menurut Hair Restoration Surgeon bernama Robert Dorin, D.O. ACOFP, kafein juga bisa merangsang sel-sel rambut untuk memproduksi lebih banyak ATP yang menjadi sumber utama energi tubuh manusia dan membantu menjaga folikel rambut tetap dalam fase anagen. Perlu diketahui, fase anagen merupakan fase pertumbuhan rambut secara normal. Selama fase ini, rambut akan tumbuh 1 cm setiap 28 hari.

Sayangnya, untuk mendapatkan dosis yang tepat yang diperlukan tubuh untuk mengatasi permasalahan penipisan rambut ini, seseorang harus mengonsumsi 50-60 cangkir kopi per hari. Cukup banyak memang. Namun, ternyata ada cara lain yang lebih masuk akal, yakni dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kafein di dalamnya.

Beberapa brand di luar sudah banyak yang menjual produknya dengan kandungan kafein di dalamnya, dua di antaranya adalah Garnier dan Schwarzkopf. Produk yang dijual pun tak hanya shampoo, namun juga ada hairspray dengan kandungan kafein yang baik untuk rambut. Untuk shampoo, disarankan untuk mendiamkannya selama dua menit mengingat kafein membutuhkan waktu lebih lama untuk penetrasi ke dalam akar rambut manusia.

Nah, untuk kamu yang bermasalah dengan rambut yang mulai menipis, tak ada salahnya kamu mencari produk shampoo yang mengandung kafein seperti dua brand di atas jika kebetulan kamu sedang bepergian di luar negeri. Selamat mencoba!

sumber: fimela.com