Menilik Lima Manfaat Buah Lemon untuk Kecantikan

manfaat buah lemon

Wedave Magazine – Siapa yang tahu bahwa ternyata buah lemon memiliki begitu banyak manfaat kecantikan? Ya, tak perlu melakukan berbagai perawatan kecantikan yang mahal seperti ke dokter atau salon kecantikan.

Anda dapat menggunakan buah lemon dalam ritual perawatan kecantikan di rumah. Selain lebih murah, menggunakan lemon untuk merawat tubuh tentu saja jauh lebih aman. Untuk itu, ketahui beberapa cara sederhana menggunakan lemon untuk merawat kecantikan.

Kurangi keriput

Seiring bertambahnya usia, kerutan di kulit akan semakin terlihat jelas. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memanfaatkan buah kaya vitamin C ini. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh gula ke dalam dua sendok makan air perasan lemon.

Aplikasikan pada wajah secara merata sambil dipijat perlahan. Diamkan selama 10 menit lalu bilas wajah dengan air bersih. Vitamin C dalam buah lemon mampu meningkatkan produksi kolagen dan asam dalam gula akan membantu memperbaiki kerusakan kulit dan menghilangkan sel-sel kulit mati.

Mata cerah

Mata lelah dan bengkak bukan teman terbaik wanita. Untuk mendapatkan wajah segar Anda dapat mencampurkan air perasan lemon bersama dua irisan mentimun.

Biarkan mentimun terendam dalam air perasan lemon selama beberapa menit sebelum meletakkannya di atas mata lelah Anda. Hal ini akan membantu meringankan bengkak apapun dan juga akan membantu mengurangi lingkaran hitam di bawah mata Anda.

Mengatasi kulit berminyak dan mengecilkan pori

Selain merangsang produksi kolagen, menghilangkan sel-sel kulit mati, lemon juga dapat dimanfaatkan sebagai pembersih wajah. Jika Anda menderita kulit berminyak, buah lemon mampu membantu membersihkan seluruh pori-pori kulit yang tersumbat oleh kotoran dan debu.

Cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasukkan kulit lemon ke dalam semangkuk air panas. Biarkan kulit wajah Anda terkena uap air panas selama beberapa menit. Selain membersihkan pori, cara ini juga mampu membantu meremajakan kulit.

Mengatasi ketombe

Rambut yang berketombe dapat menurunkan kepercayan diri seseorang. Belum lagi kulit kepala umumnya menjadi gatal dan tidak nyaman karena ketombe.

Untuk mengatasi hal ini, campurkan dua sendok makan air perasan jeruk lemon dengan setengah cangkir minyak zaitun. Aplikasikan pada kulit kepala Anda sambil dipijat perlahan selama 15 menit sebelum membilas rambut dan keramas seperti biasa.

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan mencampurkan seperempat air perasan lemon dengan putih telur lalu aplikasikan pada kulit kepala. Setelah dipijat, diamkan selama satu jam baru kemudian bilas hingga bersih.

Menguatkan kuku

Kurang mengonsumsi sayur dan buah serta terlalu sering memoles kuku dengan cat kuku bisa berdampak pada kuku yang rapuh dan mudah patah.

Untuk mendapatkan kuku yang mengkilap dan kut, gosok irisan lemon pada kuku Anda secara rutin. Hal ini mampu menguatkan kutikula kuku. Cara lain adalah dengan merendam kuku di dalam air hangat yang telah dicampur dengan setengah buah lemon dan sedikit sabun cair selama lima menit.

Sumber: All Women Stalk, vivalife (ren)

Tags