Kecantikan

Tips Mencegah dan Mengatasi Makeup yang Berantakan

mengatasi makeup

Weddingavenuemagazine.com – Soalnya jadi agak percuma ya kalau pakai makeup dengan tujuan ingin lebih terpoles, tapi malah hasil polesannya kurang enak dilihat. Pakai makeup agar penampilan lebih rapi, eh malah berantakan. Makeup yang berantakan bisa jadi “nightmare” yang tidak diharapkan oleh semua wanita. Nah, coba yuk baca sebentar artikel ini, karena ada tips untuk mencegah supaya makeup yang berantakan tidak terjadi, dan ada juga tips mengatasinya kalau sudah kejadian. Dengan mengetahui tips berikut, makeup pasti bisa tampak lebih baik.

1. CONCEALER CREASING

Concealer dikatakan creasing kalau terlihat tidak membaur dengan rata, dan justru memperjelas lipatan, garis, dan kerutan halus di kulit wajah.

Tips Mencegah: Kita bisa mencegah hal ini dengan memastikan untuk melembapkan kulit sebelum pemakaian concealer. Namun perlu diingat juga nih, pelembap yang dipakai jangan terlalu lengket ya. Pemilihan concealer pun perlu diperhatikan. Khusus untuk area wajah yang banyak garis-garis halus atau sudah mulai timbul keriput seperti area mata, pilih concealer yang teksturnya cair atau creamy (tapi jangan terlalu kental) dan yang warnanya nyata sehingga mudah dibaurkan dan tidak perlu ditumpuk terlalu banyak. Kalau concealer digunakan untuk menutupi spot tertentu di area wajah lainnya, jenis concealer yang lain pun bisa Anda gunakan asalkan dibuarkan dengan baik dan rata.

Tips Mengatasi: Kalau sudah terlanjur, atau concealer baru creasing di tengah hari bagaimana? Baurkan garis yang terlihat dengan jari tangan yang bersih. Anda yang bawa bedak (translucent atau bedak tabur yang teksturnya ringan lebih baik) di dalam tas, bisa juga menyapukan bedak di atas concealer untuk menguncinya.

2. EYELINER “JALAN-JALAN”

Rasanya banyak wanita pernah mengalami hal yang satu ini. Kalau kelopak mata berminyak, biasanya eyeliner meninggalkan jejak di kelopak mata bagian atas. Banyak juga “kasus” yang menggunakan eyeliner di tightline dan/atau waterline tapi selang berapa waktu warna eyeliner-nya luntur ke bagian bawah mata. Saat sempat bercermin baru tahu deh eyeliner sudah jalan ke mana-mana.

Tips Mencegah: Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah jenis eyeliner yang digunakan. Pilih yang punya formula waterproof supaya bisa tahan lama dan tidak mudah luntur. Supaya tidak menempel ke kelopak atau lipatan mata, Anda bisa menggunakan concealer yang formulanya oil-free di seluruh kelopak mata, tambah dengan bedak, lalu baru aplikasikan eyeliner. Sedangkan untuk area bawah mata, teknik baking makeup bisa dilakukan untuk mencegah eyeliner luntur ke arae bawah mata.

Tips Mengatasi: Sedia cotton bud dan tisu basah atau makeup cleansing wipes di tas penting nih kalau Anda sering mengalami eyeliner yang “jalan-jalan”. Eyeliner yang menempel di bagian kelopak mata bisa dibersihkan dengan makeup cleansing wipe, sedangkan untuk eyeliner di area bawah mata, kita bisa menggunakan cotton bud untuk merapikannya.

3. MEMAKAI BLUSH TERLALU TEBAL

Di rumah blush terlihat sudah bagus. Tapi begitu keluar, dan melihat bayangan wajah, kok warnanya jadi tebal sekali?

Tips Mencegah: Memakai makeup, apapun produknya itu sebenarnya perlu ditunjang dengan pencahayaan yang baik. Gunakan natural light atau cahaya dari matahari adalah yang paling baik dan tidak memakan biaya. Tapi kalau kamar atau ruangan bermakeup Anda tidak memiliki jendela, investasi membeli lampu yang bagus pun bisa dipertimbangkan.

Untuk pengaplikasian blush-nya sendiri, kita perlu memerhatikan jenis makeup wajah yang digunakan. Mudahnya begini: Kalau foundation Anda matte, atau memakai bedak setelahnya, pilih powder blush atau blush padat. Kalau foundation yang dipakai dewy dan Anda tidak suka memakai bedak, pakai cream blush. Dasar makeup wajah yang dewy jika diaplikasikan blush tekstur padat akan sulit dibaurkan. Begitu juga dengan dasar makeup yang matte tapi blush yang dipakai teksturnya cream. Begitu Anda sudah menemukan kombinasi yang ingin digunakan, aplikasikan blush tipis-tipis, baru tambah warna sedikit-sedikit sampai mendapat intensitas warna yang diinginkan.

Tips Mengatasi: Wajar sih kalau kita keluar rumah dan baru nyadar belakangan warna blush terlalu tebal. Tapi tenang saja, bisa diatasi dengan mudah kok. Kalau Anda bawa foundation brush atau makeup sponge, gunakan sedikit foundation/concealer (sedikit saja ya), dan gunakan dengan gerakan menepuk pelan di area blush. Alternatif lainnya, kita bisa menggunakan kuas bedak yang masih bersih dan translucent powder di area pipi untuk “menurunkan” warna blush yang berlebihan.

4. MASKARA YANG BUAT BULU MATA MENGGUMPAL

Pakai maskara tapi bulu mata jadi menggumpal. Duh, mau bulu mata lentik tapi kok malah terlihat kaku?

Tips Mencegah: Salah satu penyebab bulu mata jadi menggumpal adalah karena maskara yang digunakan. Kalau terlalu basah, bulu mata jadi sulit terpisah. Kalau isi maskara sudah terlalu lengket (biasanya karena hampir kering), bulu mata juga langsung menempel dengan tetangga kanan-kirinya.

Anda yang punya maskara baru biasanya isinya masih terlalu basah. Kalau begitu, coba sapukan maskara ke tisu terlebih dulu untuk meninggalkan produk yang berlebih. Jadi begitu dipakai di bulu mata hasilnya lebih bagus. Supaya semakin bagus hasilnya, langsung sisir menggunakan sisir khusus untuk bulu mata.

Tips Mengatasi: Kalau “nasi sudah menjadi bubur”, tips yang saya sarankan adalah hapus maskara dan pakai ulang. Memang agak repot sih, tapi ini best practice yang sudah saya coba. Kalau bulu mata sudah kering dan kita paksa untuk disisir, besar kemungkinan bulu mata akan rontok akan patah. Percaya deh, lebih baik melakukan extra steps daripada bulu mata lepas. Hahahaha… Supaya tidak ikut menghapus makeup mata lainnya, coba gunakan micellar water seperti Bioderma Sensibio H2O, tuangkan di atas kapas, lalu tekuk kapas seperti ingin menjepit bulu mata dan diamkan sesaat. Usapkan kapas secara perlahan untuk membersihkan maskara.

5. ALIS TERLALU KAKU

Kita blak-blakan saja deh. Bagi yang alisnya tipis, atau yang alisnya kosong di bagian tertentu pasti pakai produk makeup untuk membentuk dan mengisinya kan? Rasanya hampir semua wanita yang sudah tahu pentingnya menata alis akan melakukannya. Tapi, ada nih bentuk alis yang dibuat sedemikian rupa sampai terlihat kaku sekali. Walau pakai makeup untuk menata alis, kita bisa loh tetap menatanya dengan hasil yang natural. Supaya nggak kaku bagaimana ya?

Tips Mencegah: Urusan membentuk dan menata alis memang tidak bisa sembarangan, tapi sebenarnya tidak susah juga. Yang pertama perlu diketahui adalah cara membentuk alis. Ada rumus untuk menentukan pangkal alis, puncak lengkungan alis, dan ujung alis yang bisa Anda baca di sini. Kalau sudah jadi bentuknya, isi bagian dalam alis dengan produk yang paling sesuai. Pensil alis bisa digunakan untuk membingkai alis terlebih dulu, dan brow powder atau brow pomade bisa digunakan untuk mengisi bagian dalamnya.

Supaya hasilnya natural bagaimana? Ingat untuk melakukan gerakan arsir dengan tekanan ringan dalam satu arah supaya garis arsirannya mengikuti arah rambut alis asli Anda. Satu lagi nih tips yang perlu diingat, sesuaikan warna produk alis Anda dengan rambut ya. Menyesuaikan bukan berarti harus sama persis. Contohnya: Anda yang berambut hitam kalau pakai alis berwarna hitam pekat bisa terlihat kaku sekali. Coba pilih warna alis abu-abu atau abu-abu kecoklatan.

Tips Mengatasi: Kalau sudah kejadian dan alis terlihat kaku, pertolongan pertama bisa didapat dari sikat alis. Hal ini bisa kita lakukan untuk mengurangi kepekatan warna agar hasilnya terlihat lebih natural.

sumber: www.vemale.com

FOLLOW OUR INSTAGRAM

[posttoinstagram username="majalah_wedding.avenue" lang="en" show_heading="true" scroll="true" width="auto" height="450px" image_size="medium" bg_color="#285989" content_bg_color="#f8f8f8" font_color="#ffffff" cache_media_time="0"]