Love and Respect

wedding semarang

Sepasang suami istri melewatkan hari demi hari dengan bertengkar. Sang istri merasa suaminya tak peka. Sementara sang suami merasa istrinya sulit dimengerti. Apakah Anda dan pasangan juga pernah mengalami masalah serupa?

Sesungguhnya pasangan sesempurna apa pun tak akan pernah lepas dari perselisihan. Hal ini disebabkan karena wanita dan pria punya cara pandang yang berbeda. Idiom wanita berasal dari Venus, sementara pria berasal dari Mars menegaskan hal tersebut. Lalu di tengah perbedaan-perbedaan tersebut bagaimana cara membangun rumah tangga yang harmonis? Kunci rahasianya adalah mencintai dan menghargai dengan tulus, tanpa syarat.

Venus & Mars
Wanita dan pria melihat dunia dengan cara pikir yang berbeda. Wanita cenderung menggunakan perasaan, sementara pria menggunakan logika. Oleh karena perbedaan cara pikir tersebut, wanita dan pria juga memiliki kebutuhan dasar yang berbeda. Kebutuhan dasar wanita adalah perasaan dirinya dicintai, sementara kebutuhan dasar pria adalah perasaan dirinya dihargai.

Sebagai contoh nyata apakah Anda pernah bertengkar saat pasangan membatalkan janji kencan akibat harus bekerja lembur? Sebenarnya Anda kesal bukan karena janji yang dibatalkan,
namun karena Anda merasa diabaikan, tak dicintai.
Sebaliknya kemarahan Anda menyiratkan keraguan pada kemampuan pasangan membuat keputusan yang benar. Oleh karena itu Anda justru melukai harga diri pasangan.

Perbedaan wanita dan pria memang sering kali menjadi tantangan dalam menjalin hubungan.
Oleh karena itu kenalilah perbedaan karakter Anda dan pasangan. Jika bertengkar, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan negatif. Tengok ulang permasalahan dengan kaca mata pasangan Anda. Ingat bahwa Anda dan pasangan punya cara yang berbeda dalam mencinta.

The Relationship Cycles
Hubungan tiap pasangan pasti mengalami pasang dan surut. Secara garis besar situasi hubungan cinta dapat dikelompokkan ke dalam 3 siklus.

1. The Crazy Cycle
The Crazy Cycle adalah siklus di mana pertengkaran demi pertengkaran antar pasangan terus terjadi. Sang wanita merasa tak dicintai sehingga cenderung melakukan tindakan yang melukai harga diri pria. Sebaiknya sang pria merasa tak dihargai sehingga cenderung melakukan tindakan yang membuat wanita merasa tak dicintai.

2. The Energizing Cycle
The Energizing Cycle adalah siklus di mana pasangan saling menunjukkan rasa cinta dan penghargaan sehingga mampu keluar dari The Crazy Cycle. Sang wanita menunjukkan penghargaan kepada sang pria sehingga memotivasi sang pria untuk menunjukkan rasa cinta kepada sang wanita, dan sebaliknya.

3. The Rewarding Cycle
The Rewarding Cycle adalah siklus yang paling ideal di mana pasangan saling mencintai dan menghargai tanpa syarat, tanpa mengharapkan balasan. Sang wanita menghargai pasangannya, bahkan walau sang pria tak menunjukkan sikap penuh cinta. Sebaliknya sang pria menunjukkan rasa cintanya, bahkan walau sang wanita tak menghargainya. Kunci mencapai The Rewarding Cycle hanyalah satu yaitu ketulusan.

It’s A Relationship Not A Competition

Penyebab utama pasangan terjerumus dalam The Crazy Cycle adalah persaingan antara wanita dan pria yang saling tak mau mengalah. Sang wanita tak mau menghargai pasangan yang tak menunjukkan rasa cinta karena takut direndahkan. Sebaliknya sang pria tak mau menghargai pasangan yang tak menunjukkan penghargaan karena takut dicap kalah. Padahal sebuah hubungan bukanlah kompetisi. Pasangan adalah sebuah tim. Ketika sang wanita merasa menang, maka sang pria pun akan merasa menang, dan sebaliknya. Ingatlah sebuah pepatah yang mengatakan, ìmengalah untuk menang.î

Just remember to love and respect unconditionally, and your life will be full of love!

Venus Tips
1. Hargai dan ucapkan terima kasih atas kerja keras, serta motivasinya untuk selalu melindungi dan memenuhi keinginan Anda.
2. Dengarkan dan hargai ide maupun saran yang ia berikan.
3. Jadilah sahabat untuk pasangan sehingga Anda berdua dapat saling bekerja sama bahu membahu.

Mars Tips
1. Yakinkan pasangan bahwa Anda mencintainya dengan selalu memberi perhatian.
2. Jangan simpan semua masalah seorang diri. Bicaralah secara terbuka pada pasangan.
3. Jangan selalu mengritik pasangan. Dengarkan keluhannya.
4. Ingat bahwa mengucapkan kata maaf bukan berarti Anda kalah.