Kesehatan

Kuku Panjang, Cantik Tapi Berbahaya

kuku panjang | majalah wedding

Mencuci tangan memang merupakan salah satu perilaku untuk melindungi tubuh dari infeksi penyakit. Namun untuk menjaga kebersihan, mencuci tangan saja belum cukup. Anda juga perlu memotong kuku yang panjang, karena cara ini bisa memutuskan potensi bakteri yang akan menginfeksi tubuh kita.

Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti Amerika dari Infectious Disease Society of America menyebutkan bahwa kuku yang dibiarkan memanjang hingga 3 mm bisa menyimpan bakteri berbahaya bagi tubuh.

“Kebanyakan orang tidak mencuci tangan dengan cukup baik dan benar. Padahal semua orang harus menghabiskan setidaknya 15 detik untuk mencuci tangan termasuk memotong kuku untuk menyingkirkan kuman tak terlihat,” kata penulis studi, Dr Carol A. Kauffman.

Namun dalam kenyataannya banyak perempuan lebih memilih untuk merawat kuku panjang. Padahal kuku panjang memiliki potensi menyebabkan berbagai masalah kesehatan karena kuku adalah tempat yang sempurna bagi kuman dan kotoran.

[ot-caption title=”kuku panjang cantik berbahaya | majalah wedding avenue.” url=”http://majalah.weddingavenuemagazine.com/wp-content/uploads/2015/01/kukupanjang1.jpg”]

Para ahli kesehatan setuju bahwa kuku harus dipotong pendek dan tetap bersih. Berikut adalah beberapa alasan lainnya mengapa kuku panjang buruk bagi kesehatan:

1. Anda bisa melukai diri sendiri ketika kuku Anda terjebak dalam ritsleting, jendela, atau benda-benda lainnya.

2. Anda bisa mengalami ketegangan pada jari-jari Anda saat mengetik dengan kuku panjang. Mengetik teks di ponsel Anda juga membutuhkan waktu lebih lama dengan kuku yang lebih panjang.

3. Kuku panjang buatan rentan terhadap infeksi jika dipakai terlalu lama.

4. Menggunakan tangan Anda untuk makan makanan ketika Anda memiliki kuku panjang dapat memungkinkan bakteri masuk ke tubuh Anda.

Jadi, mulai sekarang coba pertimbangkan lagi bila Anda ingin memanjangkan kuku.

sumber: Healthmeup