7 Cara Menjaga Kesehatan Payudara

KANKER payudara masih menjadi momok yang menakutkan bagi wanita. Debra Mangino, MD, dari New York Memorial Sloan-Kettering Cancer Center mengatakan, seorang wanita muda memiliki risiko lebih kecil terkena kanker payudara dibanding mereka yang sudah tua. “Tapi, ketika kanker menyerang (wanita muda), itu bisa lebih agresif,” kata Debra, seperti dikutip dari women’s health.

Tapi, Debra menambahkan, dengan gaya hidup sehat, dapat membantu melindungi payudara Anda dari kemungkinan terserang kanker. Berikut ini 7 cara untuk menjaga kesehatan payudara agar meminimalisasi dari serangan kanker.

Menjaga Berat Badan

Harold Freeman, MD, Presiden dan pendiri pusat pencegahan kanker Ralph Lauren mengatakan bahwa semakin gemuk seseorang, maka dapat meningkatkan risiko mengembangkan penyakit, serta mengurangi kemampuan kita untuk memertahankan diri.

Olah Raga Teratur

Olah raga teratur selama 45 menit sampai satu jam selama lima kali dalam seminggu. Latihan kebugaran secara teratur ini bisa membantu mencegah penyakit dan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menangkal obesitas dan menurunkan kadar estrogen dan insulin.

Hindari Alkohol

Penelitian telah menunjukkan bahwa dua minuman beralkohol sehari dapat meningkatkan risiko kanker payudara 21 persen. Sebaliknya, cobalah untuk mengonsumsi anggur segar. Resveratrol yang ditemukan dalam kulit anggur, bisa membantu mengurangi kadar estrogen.

Makan Sayuran

Diet rendah lemak dapat dilakukan untuk mengurangi risiko. Tetapi untuk perlindungan lebih, Anda bisa menambahkan beberapa sayuran seperti brokoli dan kangkung. Sayuran ini berisi sulforaphane, yang dipercaya untuk membantu mencegah sel kanker berkembang biak. Untuk dosis tambahan kekuatan melawan kanker, bisa dimakan mentah.

Latar Belakang Keluarga

“Sekitar 15 persen dari kasus kanker payudara, tidak ada riwayat keluarga yang memiliki penyakit,” kata Harold Freeman. Jika Anda memiliki satu kerabat tingkat pertama yang menderita kanker payudara, Anda memiliki risiko ganda untuk mengalami hal serupa, dan jika Anda memiliki dua risiko, kemungkinannya bisa meningkat lima kali lipat.

Pemeriksaan Payudara

Semua wanita harus melakukan pemeriksaan klinis payudara setidaknya setiap tiga tahun dan ujian tahunan, serta mammogram yang dimulai pada usia 40. Wanita dengan riwayat keluarga yang terkena kanker, harus mulai skrining di usia 10 tahun. Tanyakan jika fasilitas menawarkan mamografi digital–hal itu memungkinkan untuk penyesuaian sebaliknya sehingga gambar dapat lebih mudah untuk dilihatt.

Tes Genetik

“Ketika kanker menyerang wanita muda, itu lebih mungkin untuk dihubungkan dengan mutasi gen BRCA,” kata Debra Mangino. Ketika seseorang memiliki riwayat keluarga penderita kanker payudara dan kanker ovarium, maka disarankan untuk melakukan tes genetik.

sumber: metrosemarang.com

FOLLOW OUR INSTAGRAM

[posttoinstagram username="majalah_wedding.avenue" lang="en" show_heading="true" scroll="true" width="auto" height="450px" image_size="medium" bg_color="#285989" content_bg_color="#f8f8f8" font_color="#ffffff" cache_media_time="0"]