Kesehatan

Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Menggosok Gigi

gosok gigi yang benar

Weddingavenuemagazine.com – Gigi adalah satu-satunya alat untuk menghaluskan makanan sebelum bisa masuk ke perut. Jika tak dijaga kebersihan dan kesehatannya, gigi bisa rusak dan kamu pasti tak akan pernah mau mengalami yang namanya sakit gigi. Percaya deh.

Namun seringkali orang masih saja salah dalam hal membersihkan gigi. Seperti dikutip dari boldsky.com, ini beberapa kesalahan dalam menyikat gigi yang mungkin juga sering kamu lakukan.

Sikat dengan lembut

Seringkali karena merasa gigi harus bersih, banyak orang menyikat gigi dengan keras dan kasar. Justru hal ini tidak baik. Kebiasaan ini bisa menyebabkan erosi enamel gigi dan membuat gusi terluka. Sikat dengan santai, lembut namun merata.

Sikat paling tidak selama 2 menit

Seringkali orang hanya asal menyikat gigi dan selesai tidak sampai satu menit, padahal bakteri belum sepenuhnya dibersihkan. Rekomendasi rentang waktu menyikat gigi adalah 2 menit. Ini akan membuat gigi dan rongga mulut lebih bersih.

Makan buah dan sayur untuk membersihkan gigi

Makanan berserat seperti buah dan sayur sangat baik membersihkan gigi secara tidak langsung. Cara ini bisa menurunkan kemungkinan timbulnya plak gigi dan membantu membuang bakteri di mulut.

Perhatikan juga gigi geraham

Kebanyakan orang hanya fokus menyikat gigi depan saja dan mengabaikan menyikat dengan benar bagian gigi geraham. Pastikan kamu memperhatikan kebersihan gigi geraham ya karena kemungkinan besar bakteri justru berkembang di gigi bagian dalam.

Jangan hanya menyikat satu arah

Saran menyikat gigi memutar atas bawah dan menyamping haru seimbang. Tapi banyak orang cari mudah menyikat gigi, yaitu searah. Hal ini tidak bisa membersihkan gigi secara keseluruhan. jadi variasikan arah menyikat gigi hingga sela-sela gigi.

Tunggu hingga 1.5 jam setelah makan

Menyikat gigi langsung setelah makan ternyata bisa merusak gigi lho. Ini karena pH mulut sedang rendah dan pasta gigi adalah bahan kimia yang kuat sehingga bisa merusak gigi. Jadi tunggu hingga 1.5 jam setelah makan baru sikat gigi.

Tidak mengganti sikat gigi

Sikat gigi yang tak diganti setiap 3 bulan sekali bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri. Membersihkan gigi jadi tidak efektif lagi.

Jadi, jika kamu merasa melakukan salah satunya, yuk perbaiki mulai dari sekarang. Jangan sampai menunggu hingga sakit gigi dulu baru kamu kapok dan sadar betapa pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan gigi ya.

sumber : vemale.com