Kesehatan

Ketahui Jenis Hormon dan Fungsinya di Tubuhmu Yuk, Ladies

wedding semarang

Di dalam tubuh manusia ada berbagai macam hormon dengan fungsinya masing-masing. Ada yang mempengaruhi mood, ada yang membuat Anda merasa bahagia, dan lain sebagainya.

Dilansir Womenshealthmag.com, beberapa jenis hormon ini adalah hormon yang terpenting dan paling sering terlihat aktivitasnya.

Kortisol

Adalah jenis hormon di dalam otak yang dapat ‘mencium’ bahaya, ketegangan, atau menyampaikan kode stres. Ketika hormon ini meluncur, ia akan mempercepat detak jantung dan menyuntikkan oksigen dalam jumlah banyak ke otak. Ia juga melepaskan energi dari lemak.

Melatonin

Adalah jenis hormon di otak yang membantu menurunkan kadar stres dan meningkatkan metabolisme tubuh atas radikal bebas. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan obesitas, diabetes dan kanker.

Oksitosin

Hormon ini juga dilepaskan otak ketika merasa bahagia. Hormon ini muncul ketika seseorang jatuh cinta, mendapatkan hal yang disukai, berprestasi, dan ketika akan berhubungan intim.

Tiroksin

Adalah hormon yang diproduksi di kelenjar tiroid, fungsi utamanya mengatur metabolisme tubuh dan energi. Kekurangan hormon ini dapat menyebabkan stres, kekurangan nutrisi, peradangan, cemas, konstipasi, dan lain sebagainya.

Estrogen dan progesteron

Dua jenis hormon ini ada di dalam tubuh wanita dan berhubungan langsung dengan masa haid, kehamilan serta menyusui. Kekurangan hormon estrogen dapat menyebabkan kehilangan gairah seksual, migrain, depresi, dan lain sebagainya.

Testosteron

Adalah jenis hormon yang ada di dalam tubuh pria. Hormon ini membantu meningkatkan gairah seksual, meningkatkan kekuatan otot, tulang dan metabolisme tubuh.

Leptin dan ghrelin

Adalah hormon yang muncul ketika Anda lapar dan perut terasa kosong. Ia akan mengirim sinyal lapar pada otak dan memerintahkan Anda untuk makan.

Serotonin

Adalah jenis hormon yang bertanggung jawab atas mood dan ingatan Anda. Apabila jumlahnya seimbang, maka Anda akan merasa bahagia, nyaman dan tidak mudah stres.

Dengan menjaga gaya hidup sehat, nutrisi makanan, istirahat cukup dan olahraga, maka Anda dapat memiliki hormon yang seimbang setiap waktu.

sumber : www.Vemale.com

Tags