Percaya Atau Tidak, Fobia-Fobia Seputar Cinta Ini Ada Yang Mengalaminya, Lho

wedding semarang

Vemale.com – Ladies, apakah Anda pernah mengalami skenario-skenario menyedihkan seputar kisah cinta? Misalnya, putus cinta, dikhianati oleh pacar yang ternyata berpacaran dengan sahabat sendiri, atau bahkan batal menikah? Tentu saja pengalaman ini bukanlah pengalaman yang menyenangkan, bahkan tak jarang menimbulkan trauma bagi yang mengalaminya.

Namun percayakah Anda, di dunia ini ada orang-orang yang tak dapat merasakan cinta. Literally, tak dapat merasakan cinta karena mereka mengalami fobia. Apa saja sih jenis fobia yang berhubungan dengan cinta?

Anuptaphobia

Penderita fobia ini merasa takut jikalau dirinya akan melajang selamanya. Penderita anuptaphobia akan merasa stress hingga depresi akut jika tak punya pacar karena ia merasa tidak ada orang yang mencintainya.

Philematophobia

Bagi kiss-nya dong! Wah tapi kalau berhadapan dengan penderita fobia philematophobia, bisa-bisa ia jadi histeris, lho. Pasalnya, penderita fobia ini sangat ketakutan terhadap yang namanya ciuman.

Zelophobia

Masih ingat lagu band NAIF? “Bila kau mati, kau juga mati”. Posesif banget ya. Nah, kebalikan dengan lagu tersebut, penderita zelophobia ini justru takut merasa cemburu. Mereka menganggap cemburu itu ‘mengikat’. Oleh karena itu biasanya penderita fobia ini takut menjalin hubungan dengan pasangan.

Amoraphobia

Jika anuptaphobia takut melajang selamanya, berbeda dengan penderita amoraphobia. Penderita fobia ini justru merasa takut jika ada yang jatuh cinta padanya. Akibatnya, penderita ini takut berpacaran atau menikah.

Meskipun bagi kita hal ini tampak lucu, tetapi tentunya hal ini cukup menyiksa bagi penderitanya. Hmm, bagaimana dengan Anda, apakah di sekitar Anda ada yang mengalami gejala-gejala seperti yang disebutkan di atas?