Waspada, Empat Kebiasaan Ini Bikin Tubuh Lelah

empat kebiasaan

Wedave Magazine – Untuk beraktivitas sehari-hari, manusia memerlukan energi yang cukup. Namun ada kalanya energi terkuras karena sejumlah kebiasaan buruk.

Kurang tidur misalnya. Kebiasaan buruk ini bisa menyebabkan tubuh lebih lelah dan bahkan menurut sejumlah penelitian bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kardiovaskular dan obesitas.

Selain tidur, berikut kebiasaan buruk lainnya yang bisa menguras energi dan membuat tubuh mengalami kelelahan kronis.

Tidak minum air

Penurunan energi bisa terjadi meski Anda hanya mengalami sedikit dehidrasi. Dehidrasi pada dasarnya membuat darah menjadi kental. Artinya jantung dipaksa bekerja lebih keras untuk memompa oksigen dan nutrisi ke otot serta organ.

Tidak sarapan

Melewatkan sarapan bisa membuat tubuh merasa lelah sepanjang hari. Sarapan dibutuhkan untuk memulai metabolisme usai tidur selama semalaman.

Seperti diketahui saat tidur, tubuh terus membakar makanan dan nutrisi. Oleh karena itu menyantap makanan setelah bangun tidur sangat penting untuk mengembalikan energi tubuh.

Tidur larut di akhir pekan

Hal ini jamak dilakukan para pekerja kantor. Saat akhir pekan, mereka justru cenderung tidur larut malam. Padahal kebiasaan ini bisa membuat tubuh lelah saat mulai beraktivitas di hari Senin.

Oleh karena itu usahakan untuk tetap pada jadwal tidur sehari-hari atau jadwal bangun tidur. Menjaga pola tidur bisa membuat tubuh segar selama seharian.

Mengecek ponsel di tempat tidur

Tak bisa dipungkiri bila gadget telah menjelma jadi salah satu kebutuhan primer. Kapan pun dan di mana pun, Anda tak pernah lupa mengecek ponsel, termasuk di tempat tidur.

Namun, kebiasaan buruk ini bisa mengganggu siklus tidur. Penyebabnya, paparan cahaya dari layar ponsel membuat mata terjaga lebih lama.

Sumber: Foxnews

Tags