Ini Efek Mengerikan Jika Kamu Masih Main Hape Sebelum Tidur

efek maen hape

Weddingavenuemagazine.com – Zaman sekarang, hampir tak ada anak muda yang tak memiliki smartphone. Smartphone seperti benda wajib punya untuk generasi masa kini, dan bahkan sebagian kegiatan sehari-hari banyak melibatkan alat komunikasi ini.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa terlalu sering main hape sebelum tidur bisa mengganggu siklus tidurmu, dan sinar biru dari smartphone bisa menghambat hormon melatonin sehingga kamu jadi susah tidur. Hormon melatonin membantu tubuhmu merespon tubuh untuk bersiap tidur.

Menurut dokter Nicole Van Groningen, M.D, kurangnya kadar hormon melatonin bisa menyebabkan gangguan tidur insomnia yang nantinya juga akan mengakibatkan orang jadi mudah lelah, mudah stres, depresi, kurang konsentrasi, menurunkan sistem imun tubuh diabetes dan bahkan serangan jantung.

Yang lebih mengejutkan, ternyata kurangnya hormon melatonin bisa menurunkan tingkat kesuburan reproduksi. Menurut penelitian dari University of Georgia, kurang hormon melatonin dan kurang tidur juga bisa meningkatkan risiko serangan kanker payudara, karena sebenarnya metatonin juga berperan dalam mencegah terbentuknya sel tumor dalam tubuh.

Terlalu seringnya paparan sinar gadget menurut sebuah penelitian dari jurnal kesehatan Proceedings of the National Academy of Sciences juga meningkatkan potensi kegemukan hingga 21 persen karena kamu kurang aktivitas fisik dan sibuk main hape.

Satu lagi, kebanyakan main hape sebelum tidur isa merusak mata. Dokter mata Shannon Gleason mengatakan bahwa paparan sinar elektronik ini bisa memicu degenerasi makula atau katarak. keduanya bisa memicu kebutaan atau hilangnya penglihatan. Itulah mengapa kamu perlu mengurangi waktu melihat hape sebelum tidur.

Tak ada salahnya memang memiliki gadget canggih karena benda ini membantu memudahkan kegiatan sehari-hari, namun jangan sampai kamu lalai dan justru membahayakan kesehatan tubuhmu karena pengaruh gadget ya.

sumber: www.vemale.com

FOLLOW OUR INSTAGRAM

[posttoinstagram username="majalah_wedding.avenue" lang="en" show_heading="true" scroll="true" width="auto" height="450px" image_size="medium" bg_color="#285989" content_bg_color="#f8f8f8" font_color="#ffffff" cache_media_time="0"]