Kecantikan

Ladies, Ini Cara Memakai Foundation Agar Tidak Terlihat Cakey

copyright makeup.vidalondon.net

Weddingavenuemagazine.com – Pernah nggak sih uring-uringan sendiri karena foundation yang dipakai malah terlihat cakey? Istilah cakey ini merujuk pada kondisi wajah di mana pulasan makeup yang dikenakan terlihat sangat tebal alias dempul.

Biasanya, cakey foundation terjadi ketika kamu mengenakan produk makeup yang terlalu banyak pada kulit wajah sehingga tekstur kulit wajah menjadi kelihatan lebih tebal. Cakey face ini mengganggu banget karena menonjolkan jerawat dan garis-garis wajah sehingga membuat kamu terlihat lebih tua dari usia sesungguhnya. Cakey face juga membuat wajah terlihat kurang menarik atau terlalu menor.

Untuk menghindari dandanan cakey, berikut ini ada tips yang bisa dicoba.

Aplikasikan Face Primer Sebelum Memakai Foundation


Usahakan selalu memakai face primer. Kenapa primer itu penting? Karena produk ini akan membantu menghaluskan pori-pori kulit wajah sehingga terlihat lebih smooth. Selain itu, face primer membuat foundation yang dipakai lebih menempel sehingga kamu tidak membutuhkan banyak produk. Sebelum memakai face primer, jangan lupa untuk menggunakan pelembab demi menutrisi kulit.

aplikasikan face primer sebelum menggunakan foundation/copyright oilskin.org

Pilih Formula Foundation yang Sesuai dengan Jenis Kulit


Memilih foundation memang ibarat memilih jodoh, alias cocok-cocokan dan butuh waktu cukup lama untuk mendapatkan foundation yang tepat bagi jenis dan warna kulit. Kunci memilih foundation sebenarnya mudah, jika jenis kulitmu kering, pilihlah foundation dengan oil-based untuk menjaga kulit tetap lembab. Dan jika kulitmu termasuk berminyak, pilihlah foundation dengan formula water-based atau yang menjaga riasan agar tidak mengkilap.

Memakai Beauty Blender


Beauty blender tetap menjadi juara untuk mengaplikasikan foundation di muka. Aplikator yang berbentuk sponge ini dapat membuat warna foundation dapat tersebar merata dan halus saat dipakai. Berbeda jika kamu mengaplikasikan dengan tangan atau brush, biasanya malah membuat foundie tidak menempel dengan sempurna dan kurang merata di wajah. Jika kamu belum punya beauty blender, menggunakan jari juga bisa menjadi pilihan.

Pilih formula foundation sesuai warna kulit/copyright shutterstock.com

Setting Powder dan Setting Spray


Ini penting dilakukan kalau sedang ingin dandan full makeup yang tahan lama seharian tanpa kilap. Setting powder berfungsi untuk mencegah wajah cakey dan membuat riasan terlihat lebih halus. Selain itu, setting powder juga membuat foundation tidak gampang “bergeser” meskipun kulit sudah mulai berminyak. Aplikasikan setting powder di daerah oily seperti T-zone wajah kamu saja, ya. Sedangkan setting spray berfungsi untuk menyatukan semua komposisi makeup dan powder sehingga membuatnya terlihat natural dan tahan lama.

jangan lupa untuk memakai beauty blender/copyright popsugar.de

Rajin Eksfoliasi Kulit


Nggak bisa dipungkiri untuk kamu yang doyan makeup, rajin-rajinlah merawat kulit untuk menyingkirkan komedo dan kotoran di wajah. Supaya foundation makeup terlihat flawless dan tidak terlihat cakey, pastikan untuk melakukan eksfoliasi kulit. Ini berfungsi mencegah tekstur komedo yang muncul saat memakai foundie. Paling tidak lakukan eksfoliasi seminggu sekali untuk dapatkan kulit yang lebih halus dan mulus.

lakukan setting powder dan setting spray/copyright thesoulstyle.com

Itu dia resep agar makeup yang kamu kenakan tidak terlihat cakey. Meski terbilang ribet, namun untuk mendapatkan makeup yang sempurna, apa pun akan dilakukan, bukan?

sumber : www.vemale.com