Belajar Makna Dan Arti Hidup Dari Membatik

arti hidup membatik

Siapa yang tidak setuju bahwa proses membuat batik tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Walaupun memang bisa diajarkan, membatik bukanlah proses yang mudah. Setuju?

Tradisi membatik pada awalnya adalah sebuah tradisi yang turun temurun. Karenanya tidak heran jika motif pada batik tidak selalu sama bahkan sama sekali berbeda dari satu kota dan kota lainnya. Beberapa motif batik bahkan dipercaya bisa menunjukkan status sosialnya di masyarakat lho, ladies. Makanya, tidak heran jika diteliti dengan baik, motif batik yang digunakan oleh keluarga bangsawan atau keraton tentu berbeda dengan apa yang dikenakan oleh masyarakat biasa.

[ot-caption title=”Batik Tulis. Foto dok. Museum Batik Danar Hadi” url=”http://majalah.weddingavenuemagazine.com/wp-content/uploads/2014/09/membatik-2.jpg”]

Jika menelaah pada proses pembuatannya, seperti yang bisa Anda lihat di televisi mana saja atau bahkan di Youtube atau mungkin Anda menghampiri tempat produksi batik tulis yang ada di kota batik di Indonesia, bisa dibilang sebagai sebuah proses yang rumit. Bagaimana tidak, seorang pembatik harus mengetahui motif apa yang akan ia gambarkan di selembar kain warna putih. Setelahnya, ia harus melenggok-lenggokan tangannya dan menggambar garis yang harus hampir sama bahkan sama persis. Betapa mudah untuk membayangkannya namun sulit untuk melakukannya.

Dengan membuat sketsa dengan pensil terlebih dahulu, bukan hal yang mudah untuk melukiskan malam yang dicairkan dan dituangkan melalui centing. Proses yang rumit, maka tak heran jika harga batik tulis juga melambung tinggi. Ini semua demi kualitas yang dijaga dengan baik oleh para pembatik.

Mengingat membatik, ternyata ini juga berguna untuk melatih kesabaran. Bagaimana tidak, membatik tentu membutuhkan konsentrasi dan kesabaran yang ekstra banyak. Sedikit saja lengah, bisa jadi motif yang Anda ukir melenceng dari apa yang sebenarnya direncanakan.

[ot-caption title=”Batik Tulis Amanda. Foto dok. Mahkota EO” url=”http://majalah.weddingavenuemagazine.com/wp-content/uploads/2014/09/DSC_6412.jpg”]

Ini mengingatkan kita pada arti dan makna kehidupan. Dalam kehidupan, kita biasa membuat sketsa yang berupa rencana sebagai dasar kita melakukan sesuatu. Diibaratkan dengan garis demi garis yang dilukis di atas kain putih, begitu pula garis hidup yang kita lewati di kehidupan kita. Kadang lurus, kadang berkelok. Kadang sesuai sketsa, kadang juga melenceng.

Tidak disangka ternyata dari sebuah proses sederhana yaitu membatik, ada sebuah pelajaran dan kesamaan yang juga kita alami dalam kehidupan. Jika Anda sudah membuat sketsa atas hidup Anda di atas kain putih nasib Anda, sudah siapkah Anda dengan kesabaran dan usaha untuk fokus membuatnya sempurna dan tercapai?(vem/dyn)

Tags

FOLLOW OUR INSTAGRAM

[posttoinstagram username="majalah_wedding.avenue" lang="en" show_heading="true" scroll="true" width="auto" height="450px" image_size="medium" bg_color="#285989" content_bg_color="#f8f8f8" font_color="#ffffff" cache_media_time="0"]