Air Rebusan Sirih Bagus Untuk Miss V Anda, Benarkah?

wedding semarang

Membicarakan organ reproduksi saat ini sudah bukan merupakan hal yang tabu lagi. Baik pria maupun wanita harus mengetahui dengan baik bagaimana fungsi dan cara menjaga kesehatan organ reproduksinya. Termasuk bagaimana cara membersihkan organ intim mereka.

Pendidikan ini dirasa perlu mengingat bahwa tidak semua orang tahu bagaimana cara menjaga organ reproduksinya dan bagaimana menangani permasalahan pada organ reproduksinya secara dini.

Seperti yang dijelaskan dr. Handris Yanitra dari MeetDoctor.com, saat ini banyak diperkenalkan berbagai produk yang berfungsi untuk menjaga kebersihan area khusus kewanitaan. Kebanyakan produk-produk yang ditawarkan mengandung bahan alami daun sirih. Produk yang ditawarkan dapat berupa sabun pembersih, tissue pembersih, dan lain-lain.

Lalu seberapa efektifkah daun sirih ini berfungsi untuk menjaga daerah kewanitaan?

Daun sirih yang dalam nama latinnya disebut sebagai Piper Betle merupakan bagian dari kelompok Piperaceae. Populasi daun sirih tersebar di Negara-negara Asia selatan dan asia tenggara. Untuk dapat tumbuh subur, daun sirih biasanya dapat ditemukan di daerah perbukitan atau pegunungan dengan keadaan tanah yang subur.

Dulu, daun sirih banyak dikonsumsi oleh orang-orang untuk menginang. Daun sirih dipercaya mengandung berbagai macam komponen di antaranya yang terbanyak adalah air (85-90%), vitamin C, vitamin A, asam nikotinik, riboflavin, mineral, zat besi, kalium, dan lain-lain. Di samping itu, sirih juga dikatakan mengandung arecoline, yaitu suatu senyawa yang dapat memberikan efek menurunkan tekanan darah.

Namun hal ini, daun sirih tidak dijadikan patokan mengobati hipertensi karena belum ada penelitian yang mendasari mengenai kandungan daun sirih ini.

Sumber: MeetDoctor.com, (vem/riz) vemale.com

Tags